Pengertian Sanad : Isltilah Dalam Hadist

Sanad adalah sandaran yang dapat dipercaya atau kaki bukti (menurut bahasa).Sedangkan menurut istilah sanad adalah yang menghubungkan matan atau teks hadist kepada Nabi Muhammad saw. Artinya,sanad adalah rangkaian rawi yang mengantarkan matan hingga kepada Nabi Muhammad saw.

pengertian-sanad
Sanad Hadist


Contohnya :

Hadist diterima oleh Bukhari melalui sanad pertama Abdullah bin Muhammad al-Ju’fi , sanad yang kedua Abu ‘Amir al-‘Aqadi, sanad ketiga Sualaiman bin Bilal, sanad keempat Abdillah bin Dinar. Sanad kelima Abu Sahlih , dan yang terakhir Abu Huraira yang menerima langsung dari Nabi Muhammad saw.

Dalam proses periwayatan hadist juga dikenal istilah isnad, yaitu suatu proses penyandaran hadist kepada seseorang.Misalnya , hadist yang diriwayatkan Imam Bukhari di atas di-isnad-kan kepada Abdullah bin Muhammad al-Ju’fi . 

Title : Pengertian Sanad : Isltilah Dalam Hadist
Description : Sanad adalah sandaran yang dapat dipercaya atau kaki bukti (menurut bahasa) .Sedangkan menurut istilah sanad adalah yang menghubungkan mata...

6 Responses to "Pengertian Sanad : Isltilah Dalam Hadist"

  1. Mengapa harus ada sanad dalam hadist?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus ada untuk menyokong kuat,contohnya mana mungkin ingin memanjat bumbung yang tinggi tanpa menggunakan tangga..mana mungkin bisa terbang terus ke atas.

      Delete
    2. maksud saya sanad itu kaya gini masih sih contoh nya?

      Delete