Perbedaan Hadist , Sunah, Khabar dan Asar

Antara Hadist , Sunah , Khabar dan Asar perbedaanya sangat tipis .Apa perbedaan dan pengertiannya.Berikut ini penjelasannya :

Perbedaan-Hadist-Sunah-Khabar-dan-Asar
Perbedaan Hadist , Sunah, Khabar dan Asar


Hadist 
Hadist oleh kebanyakan ulama diartikan sebagai segala sesuatu yang disandarkan kepada Nabi Muhammad saw, baik berupa pertkataan , perbuatan , ketetapan, maupum tingkah laku Nabi Muhammad saw.Hadist secara tidak langsung adalah segala sesuatu yang diberitakan berasal dari Nabi Muhammad saw.

Sunah
Adapun sunnah adalah segala yang dinukil dari Nabi Muhammad saw , baik berupa perkataan , perbuatan , ketetapan , sifat dan tingkah laku Nabi yang mempunyai nilai ibadah dan hukum.Sunah pada dasarnya hampir sama dengan hadist .Perbedaannya hadist lebih bersifat umum sedangkan sunnah lebih bersifat khusus. Hadist adalah segala sesuatu yang disandarkan kepada Nabi Muhammad saw tanpa terkecuali , sedangkan sunnah adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan perbuatan perbuatan beliau yang mempunyai akibat hukum dan ibadah .

Khabar 
Secara bahasa , kata khabar berarti berita. Adapun menurut ahli hadist, khabar berarti segala sesuatu yang datang dari Nabi Muhammada saw , sahabat dan tabiin. Jadi cakupan khabar lebih luas dibandingkan dengan hadist dan sunnah .

Asar 
Kata asar tidak berbeda jauh dengan kata hadist , sunah , ataupun khabar .Kata asar menurut para fukaha ( akhli hukum islam) lebih digunakan untuk perkataan perkataan tabiin..Karena itu kata asar bisa juga berarti khabar.Antara khabar dan asar perbedaannya terletak pada pengkhususan kata asar yang hanya ditujukan untuk sesuatu uang disandarkan kepada sahabat dab tabiin .

Kesimpulan :
Dari keempatnya dapat disimpulkan, 
  1. Hadist menyangkut ucapan , perbuatan , dan ketetapan Nabi Muhammada saw, sedangkan sunah lebih sempit cakupannya hanya berkaitan berkaitan dengan perbuatan perbuatan Nabi Muhammad saw yang mengandung nilai hukum  dan ibadah .
  2. Hadist datang dari Nabi Muhammad saw . sedangkan khabar datangnya bisa dari selain Nabi Muhammad saw , yakni bisa datang dari sahabat , tabiin atau yang lainnya . 
  3. Antara asar dan khabar memiliki kesamaan , Perbedaannya , asar mencakup segala sesuatu yang datang dari dari sahabat atau tabiin saja , sedangkan khabar lebih umum . 

Semoga sedikit penjelasan ini bisa membantu kita semua .
Sumber :Kumaidi,Irham.2008.Ilmu Hadist untuk Pemula:Jakarta.Arta Rivera.

Title : Perbedaan Hadist , Sunah, Khabar dan Asar
Description : Antara Hadist , Sunah , Khabar dan Asar perbedaanya sangat tipis .Apa perbedaan dan pengertiannya.Berikut ini penjelasannya : Perbeda...

3 Responses to "Perbedaan Hadist , Sunah, Khabar dan Asar"

  1. Terimakasih infonya sangat berguna.

    ReplyDelete
  2. Namun dari bbrp sumber. Dikatakan bahwa sunnah lbih luas dri hadits

    ReplyDelete
  3. Dalam pembahasan hadist maka akan ada pengkualifikasian hadist shohih, hasan, dhoif, dan maudu', serta istilah-istilah lainnya yg bisa dipelajari lewat disiplin ilmu ulumul hadist.

    Dalam pembahasan Sunnah maka kita akan masuk ranah disiplin ilmu Ushul fiqih dan fiqih.
    Wallahu a'lam

    ReplyDelete